Random Soliloquy – Bahasa Enggres

Dulu banget saya sering ngoreksi Bahasa Inggris orang. Kadang sering ketawa kalau ada orang yang salah ucap. Yang padahal, saya sendiri juga ga bagus-bagus amat.

Kalau saya ngomong, kadang ada satu dua kata yang ketinggalan atau seharusnya diucapin tapi malah nggak. Tertukar sama kata kerja, kata benda, bahkan dengan Bahasa lain, misal bahasa Prancis, yang ejaan atau bunyinya hampir mirip.

Kalau ngetik, suka typo. Kapital ditengah-tengah, salah ejaan, bahkan yang paling sering adalah grammarnya.

Saya mulai sadar bahwa ternyata memang tidak semudah itu Ferguso. Tapi buat kalian yang gak pernah salah typo, grammatical, atau ke-switch dengan Bahasa lain yang tulisannya hampir mirip.. selamat dehh. Salut!

Buat yang masih suka salah-salah seperti saya, tetap semangat, tetap praktek yang baik, salah itu normal, tapi usahakan jangan terlalu sering. Kuncinya, ga perlu takut salah. Dikoreksi orang jangan marah, sebab dari sana mungkin kita justru lebih bisa memperbaiki diri. Yang paling penting adalah menerima kalau Kita memang kurang. Gak perlu gengsi. Hehehe

Ada juga tipe orang yang suka komentar:

“Ambil sastra Inggris kok masih suka salah-salah??”

Gapapa. Itu normal. Saya pun ambil sastra Prancis juga ga perfect-perfect amat Bahasa Prancisnya. Bukan cuma saya, bahkan ada beberapa teman yang sudah lupa total. Alasannya cuma satu: sehabis lulus gak pernah dipraktekkan lagi tu Bahasa Prancis.

Yap, kuncinya praktek. Sekali lagi, inget jangan takut salah. Biarlah orang komenin kalian seperti apa pun. Menerima kalau kita memang kurang itu lebih legowo, dari pada jaim dan tetep bersi keras bahwa: “Enak aja! Aku tuh udh cukup bagus bahasanya! Cuma kurang praktek aja!”

Saya sendiri lebih baik bilang: “Yahh iya memang nih udah lupa. Mungkin karena gak pernah pake Bahasa ini lagi. Mau belajar lagi ah. Ajarin ya?”

Tapi saya percaya, ada beberapa orang yang memang getol belajar, dan terbukti bisa naik level.

Ada juga yang udah ketakutan duluan kalau disuruh praktek Bahasa Enggres langsung sama bule.

Oh iya, fyi, biasanya bule udah cukup kok kalau kita ngerti omongan dia, dan begitupula omongan kita bisa dimengerti mereka. Intinya, suatu pesan telah tersampaikan dengan baik. Itu sebabnya, jangan takut salah. Mereka ngerti kok kalau Bahasa ibu kita bukan Enggres.

Yap, biasanya bule lebih maklum kenapa Kita gak bisa terlalu lancar, tapi gak sedikit dari mereka yg ngasi semangat kita, misalnya dengan ngoreksi cara pengucapan. Enaknya sih, mereka ngasi tau tanpa sama sekali Ada niat ngetawain atau ngejek Kita. Mereka 100% untuk ngoreksi.

Gapapa. Toh itu demi kita juga biar gak salah omong ke depannya. Buat yang pengen latihan bahasa inggris bisa nonton video berbahasa inggris di youtube. Atau biasakan mulai dari sekarang belajar membaca novel yang berbahasa inggris. Ada nih, beli aja disini.

Jadi, tetep semangat belajar yah!

Saya juga.

Ashiaaappp😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s